Reuma Cirebon Jawa Barat

Reuma Cirebon

Arti Reuma

Reuma adalah satu kata dalam bahasa Indonesia yang kurang lebih artinya kebun yang letaknya di sebuah bukit. 

Reuma juga ada yang mengartikan ramai, sebuah kebun di hutan yang ramai dikunjungi banyak orang. 

Penamaan reuma untuk suatu tempat dipakai oleh masyarakat di banyak desa di wilayah tiga Cirebon. Misalnya saja di daerah pesisir utara kabupaten kuningan, tepatnya desa cimara.

Reuma Cirebon

Reuma cirebon yang dimaksud dalam tulisan ini adalah tempat, semacam perkebunan, yang terletak di desa Matangaji Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Sekitar 5 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Sumber, kabupaten Cirebon Jawa Barat. 

Reuma Cirebon semacam bukit perkebunan dan disinyalir adalah daerah tertinggi kabupaten Cirebon selain Gronggong dn Beber di perbatasan Cirebon dan Kuningan. Perkiraan ketinggian dari bibir pantai sekitar 200-300 mdpl.

Padepokan Reuma Cirebon

Reuma yang dulunya hutan kini menjelma perkebunan yang rapi. Di tengah-tengahnya, tepatnya di tempat teratas bukit bediri dua bangunan, padepokan yang di sana juga terdapat musholla. 

Padepokan dimaksud adalah padepokan Abah Cirebon. 



Komoditi Reuma Cirebon

Bukit Reuma Cirebon sekitar 50 persen dikelola oleh Padepokan Abah Cirebon. Beberapa lahan diurus dan dipelihara dengan baik. Di antaranya ditanami pepohonan seperti durian, mangga, jengkol, dan sengon. Selain pepohonan, juga ditanami tanaman sayur seperti bawang daun dan cabai. 

Ada juga kolam ikan yang letaknya di puncak reuma cirebon dan juga di dataran bawah. Tepatnya, yang di puncak bukit itu di bawah dan di samping bangunan musholla. Kolam ikan itu dibudidayakan ikan gurame, ikan patin, dan ikan nila.

Hewan Peliharaan Di Reuma

Di Padepoman Reuma Cirebon, beberaa jenis hewan dipelihara. Ada yang diternak juga ada yang hanya dipelihara saja. 

Hewan yang diternak yaitu ayam dan ikan girami ikan patin ikan nila ikan mas. Sedangkan hewan yang dipelihara saja yaitu burung dan anjing. 

Tahun ini, tepatnya 2023, burung yang dipelihara di antaranya: burung kutilang, burung perkutut biasa dan perkutut majapahit, burung elang, burung deruk atau tekukur. 

Sedangkan hewan anjing yang dipelihara ada dua yang dinamai si meli dan si lina. Si meli berusia 5 bulanan sedangkan melina berusia 1 bulanan dihitung hingga kini oktober 2023. 

View Dari Reuma

Dari reuma, yang notabene dataran tinggi di atas kota Sumber kabupaten cirebon, kita dapat melihat pemandangan eksotis. Pemandangan itu berupa laut dengan perahu yang menyandarnya, hamparan kota cirebon, kota sumber hingga ke utara, Kabupaten Indramayu dengan lautnya, dan sebagian kecil wilayah Majalengka bagian timur. 

Apalagi kalau melihatnya di malam hari saat bulan purnama. Atau eksotisme juga terlihat saat pagi hari pada waktu sunrise atau matahari terbit. 

Channel Reuma Cirebon

Selain itu, Reuma Cirebon juga punya channel youtube yaitu Channel Reuma Cirebon. Di Channel itu, digambarkan banyak aktivitas harian seperti berkebun, menanam, menyiram, membangun, memelihara tanaman hewan dan ikan. Juga termasuk ada aktivitas ibadah.


Tags:

#reumacirebon

#cirebonreuma

#reumasumbercirebon

#reumaritis

#abahcirebon

Post a Comment for "Reuma Cirebon Jawa Barat"

Followers