Doa Ngopi


Apa itu doa?

Ngopi adalah aktivitas penting di pagi hari atau malam hari. Bagi sebagian orang, terutama laki-laki, ngopi itu wajib. Tentu sebagai muslim, setiap aktivitas sebaiknya dimulai dengan doa, termasuk sebelum ngopi. Apa dan bagaimanakah doa ngopi itu? simak tulisan ini sampai selesai!

Doa adalah harapan. Doa adalah keinginan. Doa adalah pikiran atau khayalan. Doa itu permintaan. 

Doa itu tentang sesuatu yang belum terjadi. Doa itu mengenai harapan yang belum tercapai. Doa itu keinginan yang diharapkan terwujud. 

Secara definisi, dalam kitab al-Jurumiyah, doa dimaknai sebagai perintah dari yang levelnya bawah ke levelnya atas. Ssbaliknya, jika dari level atas ke level bawah disebut sebagai perintah. Jadi bisa dikatakan, doa adalah perintah. 

Dalam bahasa agama, doa adalah perintah makhluk (baca: manusia) kepada khalik sang pencipta (Allah swt). Seolah-olah, ketika kita berdoa, maka kita memerintahkan Allah untuk memenuhi keinginan kita itu. 

Kalau dikatakan secara vulgar memerintah Tuhan itu kesannya tidak sopan dan berbau sombong. Makanya dimunculkanlah bahasa doa atau permohonan untuk memperhalus makna dari perintah. 

Pentingnya Doa

Meski makna secara bahasa doa itu adalah perintah, tapi Allah suka pada orang yang berdoa. Bahkan Allah menyuruh manusia untuk berdoa pada-Nya. Suruhan itu bermakna wajib karena bentuk lafadznya fi'il amr. 

Berlandaskan kaidah fiqh, al-amru tadullu alal wujub atau muthlaqul amri lil wujub. Berikut adalah dasar yang terdapat dalam Al-Qur'an surat al-Ghafir ayat 60:

  ادعوني استجب لكم

Ud'uni, astajib lakum. Artinya: "Berdoalah kalian padaKu (kata Allah) maka akan Aku kabulkan doamu itu".

Itu ada dalam Alqur'an. Begitupun dalam al-hadits. Beberapa hadits menempatkan betapa pentingnya berdoa sebelum melakukan aktivitas. Dikatakan dalam hadits sebagai berikut:

الدعاء سلاح المؤمن 

Addua'u silahul mu'min, yang artinya doa adalah pedangnya orang mukmin. Atau dalam hadits lain,

الدعاء مخ المؤمن 

Addua'u mukhul mukmin, artinya ialah doa itu tulang sumsumnya orang mukmin. 

Apa itu Ngopi?

Ngopi adalah aktivitas meminum kopi. Biasanya dilakukan pagi hari ketika sarapan atau malam hari menjelang tidur demi melepas lelah seharian. 

Ngopi adalah meminum kopi. Kopi adalah biji hitam yang rasanya pahit namun nikmat. Pohon kopi banyak terdapat di indonesia. 

Asal mula kopi konon katanya di wilayah afrika. Dahulu kala, para sufi (orang yang fokus mendekat kepada Allah melalui ibadah) menemukan biji ini. Mereka menggunakan biji tersebut untuk menahan kantuk. Dengan memakannya langsung seperti memakan kacang mereka lakukan di malam hari. Hasiatnya dapat menahan kantuk disaat mereka beribadah di malam hari. 

Siapa Penemu Kopi Pertama?

Penemu biji kopi pertama adalah seorang sufi bernama Abul Hasan As-Syazili. Beliau adalah sufi dari Maroko benua Afrika. Kata sufi merujuk pada ketaatannya pada Ajaran agama Islam, dan ibadahnya yang istimewa dibanding cara umum umat muslim. 

Melalui proses khalwat (mengasingkan diri) beliau menemukan biji kopi itu sebagai teman melekan (tidak tidur malam) demi menikmati beribadah kepada Allah Swt.

Kopi segera populer di dunia sufi dan dunia ilmuwan karena khasiatnya itu. Cafein yang terdapat dalam kopi bisa meningkatkan kinerja otak sehingga juga bisa menambah kecerdasan berfikir. Hingga kini kopi populer dan macamnya sudah variatif ke seluruh peloaok dunia. 

Sampai kini di kalangan santri, kiai, dan para penikmat malam, kopi adalah simbol dari santai, menikmati hidup, bertahan dari kantuk, kebersamaan, kepahitan yang diterima dengan lapang dada. Ngopi seolah simbol dari ayo kita bareng-bareng berdamai dengan keadaan.

Macam-macam Doa

Tiap orang memang berbeda dalam berdoa. Jika merunut hadits pun, ada ratusan hingga ribuan doa yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Pun ada macam-macam doa yang dapat dipanjatkan demi terkabulnya sebuah hajat. 

Sebagaimana dalam islam, semua aktivitas tak lepas dari doa. Sejak bangun tidur hingga tidur lagi, sangat dianjurkan untuk selalu berdoa. Dari mulai masuk kamar mandi, mandi, keluar kamar mandi, berpakaian, berias, sarapan, berangkat kerja, hingga menjelang tidur. 

Semua doa-doa itu diajarkan Rasulullah Saw dan mempunyai dua sisi, satu permohonan dikabulkannya keinginan atau hajat, dua permohonan dijauhkan dan keburukan, malapetaka, dan ketersesatan.

Dalam pengertian macam-macam doa, selain disebutkan di atas, doa juga ada yang berbahasa arab persis seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw, ada pula doa yang dilafalkan memakai bahasa kaum, dalam hal ini kàtakanlah bahasa indonesia. 

Kedua perbedaan  bahasa di dalam berdoa tidak usahlah diperdebatkan. Yang jelas Allah tahu dengan bahasa seluruh makhluknya, termasuk doa manusia. Oleh karena itu, diperbolehkan berdoa dengan bahasa indonesia, bahasa sunda, bahasa jawa, bahasa batak, bugis, madura, atau betawi dan bahasa-bahasa lainnya.

Doa Ngopi Bagaimana?

Pertanyan yang menggelitik. Masa ngopj saja harus berdoa? Zaman nabi dulu apakah ditemukan kopi? Kalau memang ada, doa ngopi bagaimana sih?

1. Doa Biasa

Jawabannya simpel saja, bagi sebagian orang, doa ngopi sama dengan doa minum atau doa makan yaitu: 

اللهم بارك لنا فيما رزقتنا وقنا عذاب النار

"allahumma baarik lana fiima rozaqtanaa waqinaa adzabannar". 

Artinya: ya Allah, berkahi kami atas rizkk yang telah Engkau beri, dan jaga kami dari api neraka.

2. Doa Khusus

Namun pun demikian, berdasarkan penuturan para ulama dan kiai, ada doa khusus ketika sebelum meminum kopi. Doa ini adalah doa Rasulullah ketika beliau meminum air. Doa tersebut yaitu:

 اللهم اجعلنا نورا لبصري وعافية لبدني وشفاء لقلبي ودواء لكل داء يا قوي يا متين

"Allahummaj'alna nuran libashori, wa'afiyatan libadani, wasyifa'an liqolbi, wa dawa'an likulli da'in, ya qowiyyu ya matin".

Yang artinya:

"Ya Allah jadikanlah bagi kami cahaya bagi penglihatan kami, kesehatan bagi badan kami, obat bagi hati kami, penyembuh segala penyakit, wahai Dzat Maha Kuat Maha Kokoh".

Penutup

Demikian doa ngopi yang bisa dihadirkan di sini. Catatan, setiap aktivitas sebaiknya memang diawali dengan doa. Walaupun itu hanya sekedar membaca basmalah. Setidaknya diawali dengan lafadz Allah. Selanjutnya, jika pun doa ngopi atau doa minum tidak hafal, bolehlah pakai bahasa ibu, bahasa Indonesia. 



Tags :

#doa minum kopi syekh abu bakar bin salim
#doa minum kopi latin
#doa minum kopi nu online
#tawasul minum kopi
#doa minum kopi habib
#doa ngopi arab
#fatihah minum kopi
#doa merokok


Post a Comment for "Doa Ngopi"

Followers