Rumahmu Menghadap Ke mana? Inilah Kata Orangtua Tentang Fengsui Rumah


Pendahuluan

Rumah yang menghadap ke barat atau ke timur itu ada artinya. Begitupun rumah yang menghadap ke utara atau selatan itu juga ada artinya? Lalu, Rumahmu menghadap ke mana?

Definisi Rumah

Orangtua zaman dulu punya filosofi dan lalu menjadi patokan hidup berupa adat istiadat yang dipegang teguh turun temurun. Inilah yang dimaksud dengan peribahasa "kata orangtua". 

Dalam masyarakat China dikenal dengan istilah Fengsui. Dalam banyak hal fengsui dipakai oleh masyarakat China. Termasuk tentang rumah, ada doa keberuntungan yang mereka pegang mengacu pada fengsui. Fengsui dipakai dalam segala hal, termasuk dalam menentukan rumah.

Fengsui itu sendiri sering diartikan dengan ilmu tentang mengenal keberuntungan atau ketidakberuntungan, kebaikan atau keburukan, berkaitan dengan segala aspek kehidupan menurut adat orang China. Mereka sangat memegang teguh adat dan kepercayaan mereka itu. 

Dalam makna yang umum, rumah adalah tempat ternyaman di dunia di banding objek wisata manapun. Rumah tempat bernaung dan berlindung. Rumah itu tempat berpijak sekaligus kembali. 

Bagi orang beriman, rumah dalam bahasa sunda disebut imah yang dimaknai secara adat sebagai iman. Imah itu iman. Ia adalah tempat berdiam dan kembali. Pengertian itu ada benarnya juga. Sebab bukti iman seseorang dapat dilihat salah satunya dari rumah dan isinya. 

Bagi masyarakat modern, kemana arah rumah menghadap tak ada urusan dengan hoki atau keberuntungan. Namun bagi para orangtua zaman dulu berbeda. Setidaknya tersirat dan doa dan harapan melalui penghormatan dan kepercayaan mereka terhadap hukum adat. 

Rumahmu menghadap ke mana?

Kata orangtua, jika rumahmu menghadap ke utara, itu berarti fokusmu urusan akhirat. Jika rumahmu menghadap ke selatan berarti dimudahkan dalam urusan dunia. Jika rumahmu menghadap ke barat, berarti urusan dunia. Jika menghadap ke timur, berarti fokusmu urusan ilmu. 

Masih kata orangtua, Jika rumahmu menghadap ke utara biasanya menghadapi penyakit atau rasa sakit baik lahiriyah atau sakit bathiniyah. Jika rumahmu menghadap ke selatan maka kamu dimudahkan dalam urusan rejeki dan dunia. 

Selanjutnya, Jika rumahmu menghadap ke barat, maka fokusmu akhirat dan harus memperbanyak ibadah supaya kuat. Jika rumahmu menghadap ke timur maka kamu menghadapi banyak tantangan yang bisa saja berupa pertengkaran perselisihan.

Itu Semua kata orangtua yang bisa saja kamu percaya atau tidak usah dipercaya. Tidak ada dan tidak dapat dibuktikan secara ilmiah dengan logika ilmu atau ukuran hukum manapun. 

Namun pun demikian, alangkah baiknya bahwa pengetahuan di atas menjadi sedikit pertimbangan bagi kamu yang belum punya rumah atau hendak membangun sebuah rumah. Siapa tahu saja dengan menghormati perkataan orangtua kamu ketiban berkah sehingga rumahmu menjadi surgamu yang juga mendukung semua cita-cita dan kebahagiaanmu bersama keluarga

 

Post a Comment for "Rumahmu Menghadap Ke mana? Inilah Kata Orangtua Tentang Fengsui Rumah"

Followers