Ada Hewan Rusa di Kota, Destinasi Wisata Di Tengah Kota Cirebon


Memang bukan kebun binatang, tapi di tempat ini anda bisa melihat gerombolan hewan rusa. Orang lokal atau dalam bahasa sunda sering disebut kijang.

Di tengah kota Cirebon, ada tempat reservasi dan pemeliharaan salah satu satwa langka yaitu rusa. Sebagaimana kita tahu, rusa adalah satwa langka yang dilindungi. Perburuannya dilarang dan pelanggarnya dijerat pasal pidana. 

Di alam liar di pulau jawa, nyaris sulit sekali menemukan hewan ini. Satu dua ekor pernah ditemukan berkeliaran di lereng gunung Ciremai tepatnya di desa Sindangwangi Majalengka. Tapi itu sudah lama sekali. Sudah tidak pernah keliatan lagi. 

Nampaknya, tindakan perburuan oleh oknum yang tak bertanggungjawab, salah satunya, yang membuat hewan ini nyaris punah. Di samping kesadaran masyarakat sekitar hutan tentang pelestarian hewan langka yang memang sangat kurang. Masyarakat yang kurang sadar itu lebih memilih memburu hewan ini untuk diambil dagingnya yang terkenal lezat dan diambil gadingnya untuk dijual sebagai hiasan dinding. 

Tepatnya di Gedung Negara, di pusat kota Cirebon, bersebrangan dengan Taman Adipura Cirebon, terdapat tempat khusus reservasi dan perkembangbiakan hewan kijang ini. Ada sekitar 10 ekor rusa baik dewasa maupun anak rusa. Hewan-hewan ini dipelihara dengan baik oleh pihak pemkot Cirebon. 

Khalayak umum dapat mengunjungi wisata rakyat ini pada hari-hari biasa bahkan tanpa harus membeli tiket. Cukup membeli seikat kangkung dan wortel sebagai makanan kijang yang dijajakkan di sekitar tempat tersebut. Datang saja ke Gedung negara, tepatnya di jalan Diponegoro Kota Cirebon. 

Destinasi wisata Gedung Negara ini meski sederhana namun cukup menarik. Terutama untuk kepentingan edukasi anak-anak sekolah dasar dan anak kecil demi melihat secara langsung hewan langka yang suka mereka temukan dalam cerita atau dongeng. 

Untuk memudahkan perjalanan, bisa menggunakan google map berikut ini 

Post a Comment for "Ada Hewan Rusa di Kota, Destinasi Wisata Di Tengah Kota Cirebon"

Followers