Kayu 2 Pohon Ini Bisa Membawa Keberuntungan!

sumber gambar: orami.com

Pohon Bahan Kayu Untuk Membuat Rumah

Tidak semua pohon cocok dijadikan kayu untuk bahan rumah seperti untuk pintu, jendela, atau atap. Beberapa kayu yang baik untuk membuat rumah di antaranya yang terkenal adalah dari pohon jati, pohon nangka, pohon sengon atau alba, dan Mahoni. 

Pohon jati di antaranya adalah yang terbaik sebagai bahan kayu untuk membuat rumah karena kekuatannya dan kepadatannya. Namun, kayu jati harganya mahal. Karena memang termasuk kelompok pohon yang lama membesar meski tahan di tanah yang tandus. 

Begitu pun pohon nangka. Seperti kayu jati, waktu pertumbuhannya cukup lama untuk sampai ukuran kayu kisaran minimal berdiameter 20 cm. Kayu nangka ini unik karena warnanya yang kuning dan terkenal dengan ketahanannya dari cuaca. 

Kalau kayu mahoni, bisa dibilang standar kayu. Cukup mudah ditanam dan tumbuh besar serta mudah didapatkan di banyak tempat. Kayunya kuat meski tak sekuat jati dan nangka. Harganya juga tidak semahal jati dan nangka, tapi tak semurah alba atau sengon. 

2 Pohon Kayu Pembawa Keberuntungan

Dalam adat sunda atau jawa, dikenal ada dua kayu yang bagus jika dipasang di rumah. Karena dua kayu ini dipercaya membawa keberuntungan bagi si pemilik rumah. 

1. Kayu Pohon Salam

Pohon salam adalah pohon yang daunnya sering dimanfaatkan untuk keperluan memasak. Daun salam memberi aroma khas wangi yang mempengaruhi kelezatan dari masakan. Di masyarakat, sudah familiar bahwa setiap masakan selalu dibumbui oleh daun salam demi mendapatkan kelezatan dan aroma yang harum. 

Pohon salam juga berbuah disebut buah salam. Buahnya kecil-kecil dan banyak, berwarna merah hingga ungu yang dapat dimakan dengan aman. Rasa buahnya manis dan disukai oleh anak-anak karena efek warna buahnya di mulut bertahan lama. 

Kayu pohon salam ini baik digunakan untuk atap rumah. Atau bisa juga untuk jendela dan pintu. Kayu salam jika dipasang di rumah dipercaya dapat memberi keselamatan bagi penghuninya. Sebagaimana nama kayunya, kayu salam, khasiat atau manfaatnya pun demikian bagi pemilik rumah ketika kayunya digunakan untuk rumah. 

sumber gambar: agroloka.com


2. Kayu Pohon Bunga Kantil

Bunga kantil adalah bunga terkenal. Bunga ini sering diidentikkan oleh orang dengan bunga jurig atau bunga setan karena terkenal dengan hawa mistisnya. Konon katanya, bunga kantil disukai oleh sejenik setan kunti. Termasuk pohon kantil, katanya, disukai sebagai tempat duduk atau bermain untuk para jurig tersebut. 

Bunga kantil bentuknya seperti cabai. Warnanya ada yang putih ada juga yang merah.Bunga kantil juga baunya harum semerbak. Aromanya kuat saat kuncup bunganya mekar. Bahkan dapat tercium hingga jauh. 

Pohon dari bunga kantil bisa besar seperti pohon lainnya. Jika dilihat dari kepadatan dan serat kayu, kualitas kayunya pun baik. Pohon bunga kantil dipercaya secara adat bagus untuk dibuatkan kayu dan dijadikan bahan rumah, terutama atap rumah. 

Kayu dari pohon bunga kantil yang dibuat rumah dipercaya membawa keberuntungan bagi pemilik rumah. Sebagaimana semerbaknya bunga kantil, pemilik rumah akan disenangi, dikenal baik dan harum oleh oranglain. 

sumber gambar: liputan6.com


Kedua pohon baik salam maupun kantil bahkan kini bisa didapat dengan mudah di toko online. Karena khasiat dari salam, terutama daunnya, banyak orang yang menanamnya di pekarangan, belakang rumah, atau di kebun. 

Sementara bunga kantil bisa ditemukan di dekat pekuburan atau juga ada di dekat rumah bagi penyuka keharuman bunganya. Seperti halnya pohon salam, bibit bunga kantil bisa dengan mudah didapat di toko online. 

Bagitu kira-kira mitos kayu 2 pohon yang dipercaya secara adat membawa keberuntungan bagi pemilik rumah. Bagi yang percaya, tentu kepercayaan ini menjadi sugesti baik, tanpa menafikan kayu dari pohon-pohon yang lain. Bagi yang tidak percaya adat, sebaiknya tak mencibir dan menganggap sesat kepercayaan orang zaman dulu itu. Bersikap bijak pada adat, meski tak masuk akal, adalah pilihan cerdas meski hidup di tengah modernitas dan kemajuan zaman. Wallahu a'lam.

Post a Comment for "Kayu 2 Pohon Ini Bisa Membawa Keberuntungan!"

Followers