Mengatasi Keputihan Dengan Daun Sirih

Daun Sirih
Sumber Gambar: OTC Digest

Keputihan terjadi pada wanita yang haid. Wanita sering direpotkan dengannya. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasinya dengan daun sirih.


Pengertian Keputihan

Pengertian keputihan adalah cairan yang keluar dari alat genitalia atau alat vital perempuan yang bukan berupa darah. Keputihan berupa cairan putih atau warna cairannya bisa putih kecokelatan. Biasanya hanya sedikit dan ada yang cair ada juga yang agak lengket.

Gejala Keputihan

Gejala Keputihan datang pada saat kondisi bukan waktu haid namun keluar cairan. Cairan itu bisa berwarna kecokelatan atau putih tidak berwarna. Ada yang berbau ada juga yang tidak berbau. Ada juga yang meninggalkan bercak kekuningan pada celana dalam wanita. Memiliki tekstur cairan yang dapat berubah tergantung siklus menstruasi. 

Jenis Keputihan

Keputihan pada wanita setidaknya ada dua; keputihan normal dan keputihan abnormal

1. Keputihan Normal

Keputihan normal terjadi sesaat sebelum haid atau sesudah haid. Hal tersebut disebabkan sistem hormonal yang terpicu oleh haid, baik sebelum maupun setelah haid. 

Ciri-cirinya adalah tidak berwarna dan tidak menimbulkan bau. Biasanya juga terjadi tidak dalam waktu lama alias hanya sesaat. 

Cairan semacam keputihan normal itu bisa juga terjadi saat wanita terangsang, dalam kondisi hamil atau menyusui, memakai pil KB tertentu, masa ovulasi, atau kondisi psikis yang tengah stress. 

Kondisi-kondisi tersebut bisa merangsang keluarnya cairan keputihan lebih banyak dari biasanya. 

2. Keputihan Abnormal 

Keputihan Abnormal itu sebaliknya. Keputihan terjadi pada waktu yang tak menentu atau terjadi pada jangka waktu yang lama. 

Dari sisi teksturnya juga berbeda. Keputihan abnormal biasanya berwarna kecokelatan atau meninggalkan bekas kuning pada celana dalam. 

Selain itu, Keputihan abnormal juga biasanya meninggalkan bau yang bahkan menyengat. Lengkapnya, berikut adalah tanda keputihan yang abnormal menurut dokter:
  1. Cairan berwarna (seperti kuning, kehijauan, abu-abu, atau putih)
  2. Menimbulkan rasa gatal
  3. Mengeluarkan bau tidak sedap bahkan ada juga yang hingga menyengat
  4. Cairannya lebih kental

Penyebab Keputihan Abnormal

Setidaknya, saat mengalami keputihan abnormal, ada beberapa penyebab yang melatarbelakanginya. 

Hal-hal berikut diambil dari situs mitra keluarga adalah penyebab keputihan abnormal yang wajib diwaspadai oleh para perempuan.
  1. Kurang menjaga kebersihan kewanitaan
  2. Keringat yang menimbulkan jamur
  3. Memakai pakaian yang ketat terlalu sering, sehingga menyebabkan ada keringat yang masuk melalui pakaian ketat itu
  4. Membilas vagina terbalik, yaitu dari belakang ke depan. Hal itu membuat kemungkinan adanya kuman dari sekitar anus masuk ke dalam vagina atau menempel terlebih dahulu di dinding kewanitaan
  5. Sering mandi dengan air hangat. Kondisi hangat juga memungkinkan jamur tertentu berkembangbiak
  6. Tidak menjaga pola hidup sehat

Cara Mengatasi Keputihan

Dalam tulisan ini khusus fokus pada cara mengatasi keputihan secara alami yaitu dengan media daun sirih. Dengan daun sirih, setidaknya ada dua cara yang dapat ditempuh. 

Namun sebelum hal itu dijelaskan di bawah ini, ada baiknya sedikit menuliskan manfaat dari daun sirih bagi kewanitaan. 

Manfaat Daun Sirih Untuk Keputihan

Daun sirih dipercaya dapat mengatasi masalah kewanitaan. Salah satunya adalah masalah keputihan. Dari bentuknya saja, daun sirih itu berbentuk love. Itu tanda alam bahwa manfaatnya juga tak jauh untuk mengatasi hal ihwal kewanitaan tersebut. 

Dalam memanfaatkannya untuk mengatasi keputihan, berikut adalah tatacara penggunaannya.

1. Daun Sirih Diseduh

Berikut adalah cara yang benar menyeduh daun sirih yaitu:

  1. Ambil 1 atau 3 daun sirih. Jangan terlalu banyak karena bisa mengakibatkan keringnya peranakan. 
  2. Ingat juga, saat mengambil daun sirih membaca basmalah dan berpamitan dengan bergumam " maaf, saya pamit ambil daun sirih untuk pengobatan keputihan".
  3. Cuci daun sampai bersih. Taruh di gelas. Lalu seduh dengan air panas secukupnya. Lalu, tutup gelas dengan penutup gelas. Biarkan hingga air cukup hangat dan bisa diteguk. 
  4. Jika sudah hangat kisaran 5 sampai 10 menit, silakan diminum. Ingat juga membaca basmalah dan diniatkan untuk mengatasi masalah keputihan. InsyaAllah keputihan akan sembuh. 

Sebaiknya lakukan pagi dan malam sebelum tidur. Jika dalam 3 hari melakukan resep ini tidak manjur, segera periksakan ke dokter.

2. Daun Sirih Ditaruh di celana dalam 

Cara ini mungkin asing dan tak dikenal dalam dunia kedokteran. Namun secara logis, tekstur daun sirih dapat dianggap pas jika ditempel ke vagina. 

Kandungan anti septik dalam daun sirih membantu meredakan keputihan dan mengatasi kuman yang ada di sekitar mulut vagina pada saat ditempelkan.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Di antaranya adalah:

  • Ambil sehelai daun sirih dengan adab seperti cara yang diseduh di atas, cuci sampai bersih lalu biarkan di tempat bersih hingga cukup kering. 
  • Setelah itu, pakaikan daun sirih di celana dalam sampai menempel ke mulut vagina. Tentunya dengan membaca basmalah dan berdoa diniati supaya keputihan sembuh. 
  • Pakailah cara itu malam sebelum tidur. Setelah pagi, copot atau ambil daun sirih tersebut dan buang ke tempat sampah. Cuci vagina hingga bersih. Bisa dengan memakai sabun khusus kewanitaan.

Demikian cara orang zaman dahulu para orangtua dalam mengatasi masalah keputihan pada organ kewanitaan. Semoga bermanfaat. Wallahua'lam bishowab.

Post a Comment for "Mengatasi Keputihan Dengan Daun Sirih"

Followers