Doa Sebelum Tidur, Lengkap Untuk Orang Dewasa

Gambar Dari Orami
Makna Doa dalam Islam

Dalam Islam, doa adalah senjata, baik untuk bertahan maupun untuk menyerang. Karena keyakinan dalam iman, muslim percaya, ada kekuatan Allah yang dapat dimohon melalui doa untuk segala hajat, kebutuhan, maksud dan keinginan. 

Meski tak lantas semua doa dikabul, namun berdoa tak hanya sebagai permohonan, tetapi berdoa itu ibadah. Hanya berdoa saja, tanpa memedulikan dikabul atau tidak, muslim sudah mendapatkan pahala kabaikan. 

Kenapa Sebelum Tidur Harus Berdoa?

Dalam setiap aktivitas, muslim dianjurkan untuk berdoa memohon kepada Tuhan, Allah Swt. Dari sejak bangun tidur hingga tidur lagi, berdoa dianjurkan hampir di setiap aktivitas yang dijalani oleh muslim. Tak terkecuali ketika hendak tidur. 

Dalam Al-Qur'an Surat Al-Ghafir ayat 60, Allah berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِين

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman, berdoalah kepadaKu niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina (QS.Al-Ghofir:60)

Ayat di atas adalah dasar bahwa seorang muslim dianjurkan untuk selalu berdoa dalam setiap kesempatan. Setidaknya, ada 4 Makna yang dapat diambil dari ayat di atas, pertama, Doa dianjurkan atau sangat dianjurkan bahkan mendekati wajib. Sebab perintah berdoa menggunakan fi'il amar, sepadan dengan perintah solat yang menggunakan fi'il amar juga. Dalam kaidah bahasa arab dan tafsir-tasir al-Qur'an, fi'il amar menunjukkan sesuatu yang wajib dan harus dikerjakan. "al-amru tadullu 'ala al-wujub", artinya: fi'il amar menunjukkan suatu kewajiban.

Kedua, Allah menyukai orang-orang yang berdoa. Secara sederhana, doa adalah permintaan atau permohonan. Sebagai Dzat yang Maha Kuasa, Allah tentu senang saat hambaNya meminta sesuatu dariNya. Itu menunjukkan kelemahan seorang hamba sekaligus menunjukkan ke-MahaKuasa-an Allah Swt. 

Ketiga, Berdoa adalah aktivitas ibadah. Sebagaimana yang telah disinggung di awal tulisan ini, doa adalah ibadah. Kewajiban beribadah kepada Allah dapat dipahami sebagai kewajiban berdoa kepada Allah. Bahkan solat sendiri yang merupakan ibadah wajib umat islam, secara bahasa artinya adalah doa. 

Keempat, Allah menyetarakan orang yang enggan berdoa dengan orang sombong. Bahkan Allah mengancam orang sombong itu dengan neraka jahanam. 

Doa Sebelum Tidur Yang Umum

Sebagaimana yang diajarkan sejak kecil, dan berdasarkan pada hadits Rasulullah Saw. berikut adalah doa sebelum tidur yang umum dibacakan oleh seorang muslim!
باسمك اللهم احيا وباسمك اموت
Artinya: Dengan menyebut namaMu, Ya Allah, Aku hidup, dan dengan menyebut namaMu pula Aku Mati

Doa Sebelum Tidur Lengkap Untuk Dewasa

Diawali dengan membaca surat alfatihah sekali, surat al-Ikhlas sekali, Surat al-Falaq sekali, Surat An-Naas sekali, lalu membaca doa sebelum tidur yang umum. Setelah itu tambahkan permohonan dengan bahasa sehari-hari. Berikut contoh doa permohonan sebelum tidur yang dapat ditambahkan!

Ya Allah, lindungilah hamba selama tidur dari godaan syetan dan segala gangguan makhlukMu,
Ya Allah, semoga tidur hamba Kau catat sebagai ibadah dan pahala di sisiMu
Ya Allah, bangunkan hamba pada jam .... dalam keadaan sehat bugar untuk menjalani aktivitas hamba mencari ridho dan karuniaMu

Demikian doa sebelum tidur, baik yang umum maupun yang lengkap untuk dewasa, semoga bermanfaat. Wallahu a'lam  bishowab.

Tags: 

#doa sebelum tidur islam
#4 doa sebelum tidur
#doa sebelum tidur arab
#doa sebelum tidur dan artinya
#doa sebelum tidur latin
#doa sebelum tidur sesuai sunnah
#doa sebelum tidur katolik
#doa sebelum tidur kristen

Post a Comment for "Doa Sebelum Tidur, Lengkap Untuk Orang Dewasa"

Followers