2 Perilaku Iblis Yang Tak Terasa Sering Ditiru Kita, Cek Apa Aja Di Sini

ilustrasi foto mawar eva de jongh dalam film Para Betina Pengikut Iblis

Iblis Itu siapa?

Iblis itu makhluk Allah. Iblis itu asalnya malaikat yang bisa dibilang dekat sekali dengan Allah. Ia seperti malaikat lain, tercipta dari cahaya. Perbedaannya, iblis diberi kecerdasan lebih dibanding malaikat pada umumnya. Dari sisi kercerdasan, mungkin bolehlah ditiru, tapi lebih dari itu, iblis adalah makhluk sombong,congkak, dan pembangkang.

Dalam A-qur'an diceritakan, iblis adalah makhluk pembangkang. Melawan perintah Allah untuk bersujud menghormati Nabi Adam Alaihissalam. Dalam surat Al-Baqarah ayat 34, Allah berfirman:
"Dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada malaikat: 'Sujudlah kamu kepada Adam', maka sujudlah mereka kecuali iblis, ia enggan dan takabbur, dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir"(QS.Al-Baqarah:34)

Iblis yang dilaknat

Karena pembangkangan itu, Allah murka kepada Iblis. Ia diusir dari surga dan dilaknat selamanya. Peristiwa pengusiran itu direkam, salah satunya, dalam surat Shaad ayat 77. Allah berfirman: 
"Maka keluarlah kamu (dari surga, menurut pendapat lain dari langit) sesungguhnya kamu adalah orang yang diusir (terusir). 

Namun sebelum diusir, rupanya iblis melakukan tipudaya. Atas dendamnya kepada Nabi Adam AS, ia menggoda Adam dan Hawa dengan segala cara. Hingga Bapak Adam dan Ibu Hawa memakan kuldi yang jelas-jelas dilarang oleh Allah Swt. 

Selain iblis, Adam dan Hawa pun akhirnya diusir dari surga. Antara Iblis dengan manusia sudah tercatat saling bermusuhan hingga yaumil akhir hari kiamat. Terutama iblis dan kroninya yang akan terus menjebak dan bertipudaya menjerumuskan manusia ke lembah dosa dan neraka.  

Iblis dan Syetan

Jika iblis berasal dari malaikat, lalu siapakah syetan? Ada keterangan dalam Al-Qur'an surat An-Naas, bahwa syetan (al-khannas) berasal dari jin dan manusia. 

Ada juga yang mengatakan bahwa syetan adalah percampuran antara manusia dan jin yang beranak pinak menjadi siluman, jin jahat, gentayangan, dan semacamnya. 

Terlepas dari benar tidaknya itu, iblis dan syetan punya kesamaan tujuan, menjerumuskan manusia ke dalam kesesatan. Iblis punya pasukan dalam mencelakakan manusia. Syetan atau Syayatin adalah pasukannya. 

2 perilaku Iblis yang sering ditiru

Ada dua perilaku iblis yang sering kita tiru tanpa tahu dan tanpa disengaja. Pertama, menopang dagu (nanggeuy gado dalam bahasa sunda,pen). Terutama perilaku ini bersamaan dengan melamun dan merenung. menopang dagu adalah perilaku iblis yang sangat tidak disukai Allah. 

ilustrasi dari BondowosoNetwork, Menopang Dagu


Kedua, duduk memeluk kedua kaki (nangkeup harigu dalam bahasa sunda, pen). Perilaku ini juga termasuk perilaku iblis. Baik menopang dagu maupun memeluk kedua kaki, dua-duanya adalah perilaku yang mencirikan kemalasan, santai-santai, dan pengangguran. Dan hal itu sangat disukai iblis dari manusia. 

ilustrasi dari umma, Duduk memeluk 2 lutut

Duduk seperti dalam gambar itu disebut ihtiba'. Rasulullah sendiri pernah melarangnya. Dari Sahl bin Mu'adz dari Bapaknya (Mu'adz bin Anas Al-Juhaniy), ia berkata, " Rasulullah Saw melarang dari duduk dengan memeluk lutut pada saat imam sedang berkhutbah". (HR. Tirmidzi, Abu Daud).

Demikian, Wallahua'lam Bisshowab.

tags:

#10 sifat setan
#7 sifat iblis
#sifat-sifat iblis
#perilaku iblis dan setan
#sebutkan perilaku iblis
#sifat iblis dan setan
#25 sifat jin
#sifat iblis dalam islam


Post a Comment for "2 Perilaku Iblis Yang Tak Terasa Sering Ditiru Kita, Cek Apa Aja Di Sini"

Followers